Sabtu, 01 Juni 2013

PTI



UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi (Kelas M)
Senin Pukul 12.30-14.00 di Ruang 26-35D 212









Oleh:
Irma Khoirul Ummah            (120210101007)


JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
Semester Genap 2012 – 2013
Halaman Depan



Tentang Penulis
Nama lengkap penulis yaitu Heribertus Heri Istiyanto, beliau merupakan guru di SMA Kolese De Britto Yogyakarta, tempat/tanggal lahir yaitu Sleman, 11 September 1982. Kuliah S-1 di Jurusan Matematika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD Yogyakarta) dari tahun 2000-2004. Kemudian beliau melanjutkan studi S-2 MTI di STMIK Amikom Yogyakarta dengan konsentrasi Sistem Informasi (SI) dari tahun 2008-2010.
Pada Tahun 2006, beliau pernah mendapat kesempatan untuk belajar Database Design and Programming With Oracle di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Bersama guru-guru dari berbagai sekolah dan negara mendalami bidang tersebut untuk menjadi Oracle Academy Instructor. Di tahun 2007 mendapat kepercayaan kembali dari Oracle Indonesia untuk mempelajari Database Programming With PL/SQL di Singapura bersama guru dan dosen se-Asia. Dalam dua pelatihan tersebut, beliau berhasil mendapatkan sertifikat dari Oracle Academy.
Banyak prestasi yang telah beliau raih, misalnya pada tahun 2008 beliau meraih perunggu dalam Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (LPMP) yang diselenggarakan oleh Dikmenum. Kemudian pada tahun 2009, beliau menulis Buku “Bank Soal Matematika SMA” yang diterbitkan oleh Gagas Media, dan tahun 2010 beliau meraih peringkat 3 Nasional Lomba Blog FPTI PNF 2010.
Beliau memiliki keinginan yang besar untuk selalu dapat berbagi ilmu yang beliau miliki dengan yang lain untuk kepentingan pendidikan di Indonesia. Motto hidup: “Tiada kata yang lebih indah selain berbagi, agar hidup kita menjadi berguna”.



Tentang Website
Website ini berisi tentang informasi seputar mata pelajaran matematika dan TIK. Banyak kategori yang dapat kita pilih, kategori-kategori tersebut yaitu:
Bimbingan Online, pada kategori ini kita dapat menanyakan banyak hal tentang mata pelajaran matematika, misalnya tentang soal-soal matematika yang belum kita mengerti atau memastikan suatu jawaban dari soal yang telah kita kerjakan caranya yaitu dengan menjadi member ISTIYANTO.COM
 
Buku Matematika, pada kategori ini kita dapat mencari buku-buku yang berkaitan dengan matematika baik tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yaitu dengan mengunjungi toko buku online “BukuMatematika.Com”. Beberapa buku yang pernah dipostingkan pada  “BukuMatematika.Com” misalnya berjudul Saat-saat Jelang UN 2013 Untuk SD, buku ini berisi Kisi-kisi UN 2013, Ringkasan Materi, Contoh soal dan pembahasan, Latihan Soal: versi Try Out Pemahaman, versi Try Out Pemantapan, versi Prediksi UN 2012/2013. Ada juga buku berjudul Buku Olimpiade Matematika SMA, buku ini berisi soal-soal olimpiade matematika yang dilengkapi dengan trik-trik mengerjakannya. Dan masih banyak lagi buku-buku yang dapat kita peroleh di toko buku online “BukuMatematika.Com”.
 
CorelDraw, pada kategori ini, kita dapat belajar membuat objek matematika dengan menggunakan CorelDraw. CorelDraw merupakan perangkat lunak berbasis vektor dengan komponen penyusun garis dan perhitungan Matematis. Dengan CorelDraw kita dapat dengan mudah menggambar objek tiga dimensi untuk mendukung pembelajaran matematika.
Lowongan Pekerjaan Matematika, kategori ini berisi lowongan pekerjaan untuk mahasiswa/sarjana matematika, jadi untuk mahasiswa MIPA atau PMIPA matematika yang membutuhkan pekerjaan dapat mencarinya di sini.
Matematika, kategori matematika ini berisi soal-soal matematika, misalnya soal persiapan UN Matematika IPA 2013, soal persiapan Ujian Semester 2 SD, SMP, dan SMA, dan banyak lagi yang lainnya. Jadi untuk siswa SD, SMP, maupun SMA yang membutuhkan latihan soal-soal untuk persiapan ujian Nasional, Ujian semester maupun ujian-ujian lainnya dapat memperolehnya di sini, di sini juga diberikan cara-cara penyelesaiannya, jadi siswa dapat lebih mudah mempelajarinya.
Matematika SD, kategori matematika SD ini berisi soal-soal khusus untuk siswa Sekolah Dasar, jadi untuk siswa SD yang akan melaksanakan ujian dan membutuhkan latihan-latihan soal matematika serta pembahasannya dapat mencarinya di sini. Soal-soal yang disediakan di sini misalnya soal matematika kelas 4 SD persiapan Ulangan Umum Semester 2, soal matematika SD persiapan ujian, dan lain-lain.
Matematika SMA, kategori ini berisi soal-soal matematika dan pembahasan khusus untuk siswa SMA, jadi untuk siswa SMA yang membutuhkan soal untuk latihan Ujian Nasional maupun ujian semester dapat mencarinya di sini.
Pembahasan Matematika, kategori ini berisi pembahan soal matematika, pembahasan di sini secara umum, tidak hanya untuk SD, SMP, SMA, ataupun SMK saja, namun semua soal dapat diakses di sini.
Puzzle Matematika, kategori ini berisi puzzle matemmatika dalam bentuk file fla (flash), jadi untuk pembaca yang ingin mengasah kemampuan otak dan ingin mengembangkan kreativitas mengenai puzzle matematika ini dapat men-download filenya di sini.
Rumus Praktis, kategori ini berisi beberapa rumus matematika yang disajikan dengan lebih ringan dan memberikan gambaran dan pemahaman bahwa matematika tidak sesulit dan serumit yang orang-orang bayangkan selama ini. Beberapa rumus praktis yang disajikan yaitu rumus persamaan kuadrat, rumus limit trigonometri, dan lain-lain.
 
Selingan Matematika, katika kita sedang jenuh berkutat dengan rumus matematika, maka kategori ini cocok untuk kita buka karena kategori ini berisi beberapa soal matematika yang dapat menyegarkan otak, soal yang disajikan penuh dengan teka-teki sehingga menarik untuk dikerjakan dan dapat menghilangkan kebosanan kita,  soal yang disajikan berlaku untuk semua kalangan, baik siswa SD, SMP, SMA, sedah kuliah, atau bahkan Guru.
Seri Soal Matematika kategori ini berisi soal-soal matematika yang disajikan tiap minggu. Pada minggu pertama bulan januari 2012, Istiyanto.Com meng-upload 10 soal pilihan ganda beserta pembahannya yaitu dalam bentuk word, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengedit sesuai kebutuhan pembaca.
Template PowerPoint Gratis, kategori ini berisi beberapa template PowerPoint untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Jadi untuk mahasiswa PMIPA maupun MIPA dan juga Guru yang akan melakukan presentasi menggunakan media PowerPoint dapat men-download templatenya di sini tanpa dipungut biaya.
Tokoh Matematika, kategori ini berisi profil dari tokoh-tokoh yang berperan dalam mengembangkan matematika, salah satunya yaitu Samos yang menemukan rumus phytagoras yang sampai saat ini masih dan sering di guanakn dalam bidanga matematika.  

Selain beberapa kategori di atas, masih ada beberapa kategori lain yang dapat kita pilih dan kita manfaatkan untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan kita tentang matematika.
Keunggulan Website
Keunggulan dari website ini yaitu website ini tidak hanya berisi rumus matematika, soal dan pembahasan, tapi juga berisi informasi lainnya yang akan sangat membantu dalam mengembangkan matematika, misalnya tersedianya bimbingan online, dengan adanya bimbingan online ini kita dapat dengan mudah menanyakan sagala hal yang berkaitan dengan matematika .

Kekurangan Website
Kekurangan website ini yaitu soal-soal yang di sediakan di beberapa kategori juga disediakan di kategori yang lain, misalnya pada kategori Matematika terdapat kumpulan “soal persiapan ujian semester 2 SD, SMP, dan SMA” begitu juga pada kategori Matematika SD, Matematika SMP, dan Matematika SMA soal itu kembali di munculkan, hal ini menyebabkan pembaca menjadi bosan.
Fasilitas yang paling bermanfaat
Fasilitas yang paling bermanfaat untuk saya yaitu tersedianya bimbingan online, karena jika saya mengalami kesulitan tentang materi maupun soal matematika, saya dapat dengan mudah menanyakannya melalui bimbingan online tersebut.
Fasilitas yang seharusnya ditambahkan dalam website
Website ini sudah sangat membantu dalam pembelajaran matematika, baik untuk siswa, mahasiswa, maupun guru, karena banyaknya soal-soal dan pembahasan yang ditawarkan oleh penulis, namun dalam pembelajaran matematika terkadang banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit dan karena anggapan itu mereka enggan dan bahkan tidak mau belajar matematika. Saran saya, Istiyanto.Com menambahkan tips-tips cara mengajar matematika agar lebih menarik sehingga siswa dapat tertarik untuk belajar matematika dan menyenangi matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...